Ahmad Satria Anugrah Agus Nur

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 104 TAHUN 2014

SALINAN
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 104 TAHUN 2014
TENTANG
PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK
PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang : bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 64 ayat (2a) Peraturan Pemerintah                         Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun                       2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu menetapkan Peraturan Menteri                                   Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada                                   Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional                                         (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran                           Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
                    2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan                               sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013                                      tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar                         Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 71,                             Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5410);
                    3. Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi,                                    Organisasi, dan Tata kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah                        diubah dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2014.
                   4.Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan                       Organisasi, dan Tatakerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah                         beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2014;
                   5. Keputusan Presiden Nomor 84/P Tahun 2009 mengenai Pembentukan Kabinet                                      Indonesia Bersatu II sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan                                        Keputusan Presiden Nomor 54/P Tahun 2014;
                   6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar                        Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
                  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar                       Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
                  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar                       Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
                  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar                       Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah;
                10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 tentang                                     Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah;
                11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang                                     Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah;
                12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang                                     Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah;
                13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 tentang                                     Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG                                    PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK PADA PENDIDIKAN DASAR                          DAN PENDIDIKAN MENENGAH.
Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:
1. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik adalah proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian       pembelajaran peserta didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi                   pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama     dan setelah proses pembelajaran;
2. Penilaian Autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap,         menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan       tugas pada situasi yang sesungguhnya;
3. Ketuntasan Belajar merupakan tingkat minimal pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan         keterampilan meliputi ketuntasan penguasaan substansi dan ketuntasan belajar dalam konteks             kurun waktu belajar;
4. Satuan pendidikan adalah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa                     (SD/MI/SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/ Sekolah Menengah Pertama       Luar Biasa (SMP/MTs/SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah /Sekolah Menengah         Atas Luar Biasa (SMA/MA/SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah                   Kejuruan/Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa (SMK/MAK/SMKLB).
Pasal 2
(1) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilaksanakan dalam bentuk penilaian Autentik dan non-             autentik.
(2) Penilaian Autentik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan pendekatan utama dalam               Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik.
(3) Bentuk penilaian Autentik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup penilaian berdasarkan       pengamatan, tugas ke lapangan, portofolio, projek, produk, jurnal, kerja laboratorium, dan unjuk         kerja, serta penilaian diri.
(4) Penilaian Diri sebagaimana dimaksud pada ayat (3) merupakan teknik penilaian sikap,                         pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif.
(5) Bentuk penilaian non-autentik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup tes, ulangan, dan         ujian.
(6) Pendidik dapat menggunakan penilaian teman sebaya untuk memperkuat Penilaian Autentik dan         non-autentik sebagaimana dimaksud pada ayat (1).
Pasal 3
(1) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau             hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara                             berkesinambungan.
(2) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan untuk           memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian.
(3) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik memiliki tujuan untuk:
     a. mengetahui tingkat penguasaan kompetensi;
     b. menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi;
     c. menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi;             dan
    d. memperbaiki proses pembelajaran.
Pasal 4
(1) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik diterapkan berdasarkan prinsip umum dan prinsip khusus.
(2) Prinsip umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku untuk semua bentuk penilaian.
(3) Prinsip umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi sahih, objektif, adil, terpadu,                   terbuka, holistik dan berkesinambungan, sistematis, akuntabel, dan edukatif.
(4) Prinsip khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku untuk masing-masing bentuk                   penilaian.
(5) Prinsip khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengacu kepada karakteristik pendekatan,           model, dan instrumen yang digunakan.
(6) Prinsip khusus untuk Penilaian Autentik meliputi:
      a. materi penilaian dikembangkan dari kurikulum;
      b. bersifat lintas muatan atau mata pelajaran;
      c. berkaitan dengan kemampuan peserta didik;
      d. berbasis kinerja peserta didik;
      e. memotivasi belajar peserta didik;
      f. menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik;
      g. memberi kebebasan peserta didik untuk mengkonstruksi responnya;
      h. menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
      i. mengembangkan kemampuan berpikir divergen;
      j. menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran;
     k. menghendaki balikan yang segera dan terus menerus;
      l. menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata;
    m. terkait dengan dunia kerja;
     n. menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata; dan
      o. menggunakan berbagai cara dan instrumen;
(7) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik menggunakan acuan kriteria.
(8) Acuan kriteria sebagaimana dimaksud pada ayat (7) merupakan penilaian kemajuan peserta didik      dibandingkan dengan kriteria capaian kompetensi yang ditetapkan.
Pasal 5
(1) Lingkup Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik mencakup kompetensi sikap spiritual, kompetensi        sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.
(2) Sasaran Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik terhadap kompetensi sikap spiritual dan kompetensi       sikap sosial sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi tingkatan sikap: menerima,                         menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan nilai spiritual dan nilai sosial.
(3) Sasaran Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik terhadap kompetensi pengetahuan sebagaimana            dimaksud pada ayat (1) meliputi tingkatan kemampuan mengetahui, memahami, menerapkan,              menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan                prosedural, dan pengetahuan metakognitif.
(4) Sasaran Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik terhadap kompetensi keterampilan sebagaimana            dimaksud pada ayat (1) mencakup keterampilan abstrak dan keterampilan konkrit.
(5) Keterampilan abstrak sebagaimana dimaksud pada ayat (4) merupakan kemampuan belajar yang         meliputi: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan         mengomunikasikan
(6) Keterampilan konkrit sebagaimana dimaksud pada ayat (4) merupakan kemampuan belajar yang        meliputi: meniru, melakukan, menguraikan, merangkai, memodifikasi, dan mencipta.
(7) Sasaran penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (4) digunakan sesuai dengan karakteristik             muatan pembelajaran.
Pasal 6
(1) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan terhadap penguasaan tingkat kompetensi sebagai       capaian pembelajaran.
(2) Tingkat kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan batas minimal pencapaian           kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.
(3) Kompetensi sikap sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dinyatakan dalam deskripsi kualitas                 berdasarkan modus.
(4) Kompetensi pengetahuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) untuk kemampuan berpikir pada           berbagai tingkat pengetahuan dinyatakan dalam predikat berdasarkan skor rerata.
(5) Kompetensi keterampilan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dinyatakan dalam deskripsi                 kemahiran berdasarkan rerata dari capaian optimum.
(6) Penguasaan tingkat kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyatakan dalam bentuk          deskripsi kemampuan dan/atau skor yang dipersyaratkan pada tingkat tertentu.
(7) Khusus untuk SD/MI Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik terhadap kompetensi sikap,                       kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan dinyatakan dalam bentuk deskripsi.
Pasal 7
(1) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan               kompetensi keterampilan menggunakan skala penilaian.
(2) Skala penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kompetensi sikap menggunakan                 rentang predikat Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K).
(3) Skala penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kompetensi pengetahuan dan                     kompetensi keterampilan menggunakan rentang angka dan huruf 4,00 (A) - 1,00 (D) dengan rincian sebagai berikut:
a. 3,85 - 4,00 dengan huruf A;
b. 3,51 - 3,84 dengan huruf A-;
c. 3,18 - 3,50 dengan huruf B+;
d. 2,85 - 3,17 dengan huruf B;
e. 2,51 - 2,84 dengan huruf B-;
f. 2,18 - 2,50 dengan huruf C+;
g. 1,85 - 2,17 dengan huruf C;
h. 1,51 - 1,84 dengan huruf C-;
i. 1,18 - 1,50 dengan huruf D+; dan
j. 1,00 - 1,17 dengan huruf D.
Pasal 8
(1) Ketuntasan belajar merupakan tingkat minimal pencapaian kompetensi sikap, kompetensi                     pengetahuan, dan kompetensi keterampilan meliputi:
      a. ketuntasan penguasaan substansi; dan
      b. ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar.
(2) Ketuntasan penguasaan substansi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a merupakan                   ketuntasan belajar peserta didik untuk setiap kompetensi dasar yang ditetapkan.
(3) Ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf       b terdiri atas ketuntasan belajar dalam:
      a. setiap semester; dan
      b. setiap tahun pelajaran.
(4) Ketuntasan belajar dalam setiap semester sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf a merupakan       keberhasilan peserta didik menguasai kompetensi dari setiap muatan pembelajaran dalam satu             semester.
(5) Ketuntasan belajar dalam setiap tahun pelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf b               merupakan keberhasilan peserta didik menguasai kompetensi dari setiap muatan pembelajaran             pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun pelajaran untuk menentukan kenaikan kelas.
Pasal 9
(1) Modus untuk ketuntasan kompetensi sikap sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (3)                    ditetapkan dengan predikat Baik.
(2) Skor rerata untuk ketuntasan kompetensi pengetahuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (3) ditetapkan paling kecil 2,67.
(4) Capaian optimum untuk ketuntasan kompetensi keterampilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal       6 ayat 
(5) ditetapkan paling kecil 2,67.
Pasal 10
(1) Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penilaian.
(2) Instrumen penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kompetensi pengetahuan paling         sedikit memuat komponen materi, konstruksi, dan bahasa.
(3) Instrumen penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kompetensi keterampilan paling         sedikit memuat komponen materi dan konstruksi.
(4) Instrumen penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kompetensi sikap paling sedikit         memuat materi.
Pasal 11
(1) Pelaporan hasil belajar dilakukan oleh Pendidik.
(2) Pelaporan hasil belajar oleh Pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan dalam                 bentuk laporan hasil semua bentuk penilaian.
(3) Pelaporan hasil belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan hasil pengolahan oleh             Pendidik dengan menggunakan kriteria sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (3), ayat (4),           dan ayat (5).
(4) Pelaporan hasil belajar oleh Pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) digunakan oleh Satuan       Pendidikan untuk mengisi Rapor.
(5) Rapor sebagaimana dimaksud pada ayat (4) berisi laporan capaian hasil belajar dalam bentuk               angka dan deskripsi.
(6) Khusus untuk SD/MI Rapor sebagaimana dimaksud pada ayat (4) berisi laporan capaian hasil             belajar dalam bentuk deskripsi.
Pasal 12
(1) Hasil belajar yang diperoleh dari penilaian oleh Pendidik digunakan untuk menentukan promosi         peserta didik.
(2) Promosi peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk:
      a. SD/MI menggunakan prinsip kenaikan kelas otomatis; dan
      b. SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK menggunakan prinsip kenaikan kelas berdasarkan                   kriteria.
(3) Kriteria sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b ditetapkan berdasarkan ketuntasan                       kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan/atau sikap.
(4) Peserta didik SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK dinyatakan tidak naik kelas apabila hasil             belajar dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan, keterampilan,             dan/atau sikap belum tuntas/belum baik.
Pasal 13
Penilaian Hasil Belajar pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menggunakan Pedoman sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
Pasal 14
Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini:
a. Semua ketentuan tentang Penilaian Hasil Belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah          yang sudah ada sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan      dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri ini.
b. Semua ketentuan tentang Rapor yang ada sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, wajib                       menyesuaikan dengan Peraturan Menteri ini paling lambat 1 (satu) tahun.
Pasal 15
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.
Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.
                                                                           Ditetapkan di Jakarta
                                                                           pada tanggal 3 Oktober 2014
                                                                           MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
                                                                           REPUBLIK INDONESIA,

                                                                           TTD.

                                                                           MOHAMMAD NUH
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 8 Oktober 2014

MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA,

TTD.

AMIR SYAMSUDIN

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2014 NOMOR 1507

Salinan sesuai dengan aslinya.
Kepala Biro Hukum dan Organisasi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

TTD.

Ani Nurdiani Azizah
NIP 195812011986032001

0 Response to "PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 104 TAHUN 2014"

Post a Comment

Arsip Blog

Powered By Blogger

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

senang dengan kunjungan anda

Total Pageviews