Ahmad Satria Anugrah Agus Nur

Silabus PAI kelas 5 SD kurikulum 2013

Satuan Pendidikan            :    SD/MI

Kelas                                  :    V (lima)


Kompetensi Inti
KI 1    :    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain

KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia,


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2      Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3      Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4      Menunaikan shalat tarawih dan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT dan rasul-Nya


Pembelajaran  KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal


2.1     Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23

2.2     Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3     Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
2.4     Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Ashr
2.5     Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6     Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.7     Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
2.8     Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
2.9     Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW






3.1      Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi

1.Rasul Allah SWT
2. Nabi Ulul Azmi
Mengamati
·      Mencermati nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara klasikal atau individual
·      Mendiskusikan nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok.

 Menanya
·      memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa terdapat Nabi Ulul Azmi?
·      Apa bukti/peristiwa seseorang dikategorikan Nabi Ulul Azmi?

Mengumpulkan Informasi
·      Diskusi tentang arti Nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara klasikal atau individual
·      Menujukkan perbedaan  Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi.

Menalar/Mengasosiasi
·      Menganalisis  perbedaan Rasul dan Ulul Azmi
·      Menganalisis mu’jizat Nabi Ulul Azmi
·      Menyimpulkan bukti  Nabi Ulul Azmi

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
Sikap
·    Mengamati diskusi tentang peristiwa yang menjadikan seseorang dikategorkan Nabi Ulul Azmi

Pengetahuan
·  Tes pilihan ganda tentang Nabi Ulul Azmi

Keterampilan
·    Berpasangan menyebutkan Nabi Ulul Azmi




















8 JP
·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah Nabi dan Rasul
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.2      Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
Mengamati
·      Mendengar cerita kitab suci dan para nabi yang menerimanya.
·      Mencermati kandungan ajaran pokok kitab suci secara klasikal atau individual

Menanya
Memotivasi siswa bertanya, misalnya :
Mengapa kita berpedoman pada ajaran al-Qur’an?
·      Apa saja nilai-nilai yang ada dalam al- Qur’an?

Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan tentang kandungan kitab suci yang diberikan kepada para rasul
·      Menganalisis kandungan masing-masing kitab suci Allah SWT


Menalar/Mengasosiasi
·      Menganalisis nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’an
·      Menyimpulkan nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’an

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang  isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an yang dibaca secara kelompok atau individual
·       Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Sikap
·    Mengamati diskusi tentang kandungan isi al-Qur’an

Pengetahuan
·   Tes kemampuan kognitif dengan dengan bentuk soal tes pilihan ganda

Keterampilan
·    Menuliskan kandungan isi Al-Qur’an









8 JP

·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah Nabi dan Rasul
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.3      Mengetahui makna Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan benar

4.1     Membaca Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.2     Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.3     Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar

QS. Al-Maun

Mengamati
·      Membaca Al-Qur’an surat Al-Maun dengan memperhatikan  makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.
·      Membaca secara berulang-ulang sampai hafal surat Al-Maun dengan memperhatikan makhraj hurufnya.
·      Mendemontrasikan hafalan Surat Al-Maun, secara klasikal, kelompok atau individual.

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa membaca al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?
·      Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?

Mengumpulkan Informasi
·      Diskusi tentang arti QS Al-Maun secara kelompok
·      Diskusi tentang isi kandungan QS Al-Maun secara kelompok

Menalar/Mengasosiasi
·      Menulis QS Al-Maun dengan benar secara individu
·      Mencermati arti QS Al-Maun
·      Mencermati isi kandungan QS Al-Maun
·      Menyimpulkan kandungan QS Al-Maun

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan  isi kandungan QS Al-Maun secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Sikap
Mengamati Pelaksanaan hapalan siswa yang memuat:
·      Judul materi
·      Kemampuan menghapal terdiri komponen: lancar-sedang- tidak lancar


Pengetahuan
·      Tes Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda

Keterampilan
·      Membaca QS Al-Maun
·      Menulis QS Al-Maun
·      Menghafal QS Al-Maun
·      Membuat laporan tentang kandungan Qs Al-Maun

16 JP

·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.4      Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
Mengamati
·      Membaca buku teks tentang Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·      Menonton film/video tentang Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·      Menyebutkan arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa Allah SWT menghidupkan manusia dan Allah SWT pula yang mematikan?
·      Bagaimana jika Allah SWT lebih dari Satu?

Mengumpulkan Informasi
·      Diskusi tentang arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad secara klasikal atau individual
·      Menujukkan bukti akan Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.



Menalar/Mengasosiasi
·      Menganalisis  bukti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menyimpulkan bukti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad secara kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Sikap
·   Mengamati diskusi  tentang bukti  Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

Pengetahuan
·  Tes kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda

Keterampilan
·      Berpasangan menyebutkan arti  Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·      Membuat laporan tentang bukti  Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

16 JP

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Pengayaan Asmaul Husna
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.5      Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia

Hikmah puasa Ramadhan
Mengamati
·      Menyimak hikmah puasa Ramadhan secara klasikal atau individual

Menanya
·      memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah puasa Ramadhan?

Mengumpulkan Informasi
·      Diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi hikmah- puasa Ramadhan dalam membentuk akhlak mulia
·      Menyimpulkan hasil identifikasi puasa Ramadhan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan dan pembentukan aklak mulia
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
Sikap
·    Mengamati diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan

Pengetahuan
·   Tes pilihan ganda tentang hikmah puasa Ramadhan

Keterampilan
·  Membuat laporan tentang  hikmah puasa Ramadhan

4 JP

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Pedoman Puasa Ramashan
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.6      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

4.10      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

Kisah Keteladanan Nabi Dawud a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?

Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Dawud a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Sikap
·      Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Pengetahuan
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Dawud a.s.


Keterampilan
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
·      Membuat paparan tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.7      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

4.11      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?

Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Sulaiman a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·      Menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Pengetahuan
·   Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat

·   Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

Keterampilan
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·      Membuat paparan tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.8      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

4.12      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Ilyas a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Ilyas a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?

Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ilyas a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·      Menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Pengetahuan
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.

Keterampilan
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·      Membuat paparan tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.9      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.


4.13      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?

Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ilyasa’ a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru



Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·      Menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Pengetahuan
·   Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·   Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

Keterampilan
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·      Membuat paparan tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
3.10      Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran

4.14      Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
kisah Luqman dalam Al-Qur’an
Mengamati
·      Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan kisah keteladanan Luqman baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan Luqman
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan kisah keteladanan Luqman

Mengumpulkan Informasi
·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman
·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman baik secara klasikal maupun kelompok.

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman secara individual atau kelompok
·      Menguhubungkan kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·      Menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Luqman
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Pengetahuan
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap keteladanan Luqman

Keterampilan
·      Mengisi rubrik tentang sikap keteladanan kisah keteladanan Luqman
·      Menceritakan isi gambar tentang bentuk keteladanan kisah keteladanan Luqman
·      Membuat paparan tentang perilaku keteladanan Luqman dalam kehidupan sehari-hari
12 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah Keteladanan Luqman
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
4.4     Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
Perilaku saling mengingatkan
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku saling mengingatkan
·      Mengamati gambar tentang perilaku saling mengingatkan

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku saling mengingatkan
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku saling mengingatkan 

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku saling mengingatkan

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku saling mengingatkan
·      Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku saling mengingatkan dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku saling mengingatkan

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku saling mengingatkan
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

 Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·      Mendiskusikan pengerti-an perilaku saling mengi-ngatkan
·      Perilaku saling mengi-ngatkan
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pa-sangan/ kelompok

Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·      Pengertian perilaku saling mengingatkan

Keterampilan
·      Membuat contoh-contoh perilaku saling mengingatkan
·      Membuat  catatan tentang perilaku saling mengingatkan

8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
4.5     Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maun
Perilaku suka menolong
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku suka menolong
·      Mengamati gambar tentang perilaku suka menolong

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku suka menolong
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku suka menolong 

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku suka menolong

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku suka menolong
·      Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku suka menolong dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku suka menolong
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku suka menolong
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·         Mendiskusi-kan pengertian perilaku suka menolong
·         Perilaku suka menolong
·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pa-sangan/ kelompok

Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·         Pengertian perilaku suka menolong

Keterampilan
·      Membuat contoh-contoh perilaku suka menolong
·      Membuat  catatan tentang perilaku suka menolong
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
4.6     Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
Sikap menghargai pendapat
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap menghargai pendapat
·      Mengamati gambar tentang sikap menghargai pendapat

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai pendapat
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai pendapat 

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap menghargai pendapat

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap menghargai pendapat
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap menghargai pendapat dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap menghargai pendapat
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap menghargai pendapat
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·  pengertian sikap menghargai pendapat
·  Sikap menghargai pendapat
·  sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·      Pengertian sikap menghargai pendapat

Keterampilan
·      Membuat contoh-contoh sikap menghargai pendapat
·      Membuat  catatan tentang sikap menghargai pendapat

8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
4.7     Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
Sikap sederhana
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap sederhana
·      Mengamati gambar tentang sikap sederhana

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap sederhana
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap sederhana 

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap sederhana

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap sederhana
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap sederhana dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap sederhana
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap sederhana
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

 Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observa-si terkait dengan :
·         pengerti-an sikap sederhana
·         Sikap sederhana
·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tang-gung jawabnya terhadap pelak-sanaan jalannya diskusi atau kerja individu/ pasangan/ kelompok

Pengetahuan
Tes tertulis tentang:
·      Pengertian sikap sederhana
Keterampilan
·      Membuat contoh-contoh sikap sederhana
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/
CD Interaktif /Video
4.8     Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
Sikap ikhlas
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap ikhlas
·      Mengamati gambar tentang sikap ikhlas

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap ikhlas
·      Mengajukan pertanyaan tentang sikap ikhlas 

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap ikhlas

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap ikhlas
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap ikhlas dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap ikhlas
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap ikhlas
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Sikap
·    Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan
·    pengertian sikap ikhlas
·    Sikap ikhlas
·    Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tang-gung jawabnya terhadap pelak-sanaan jalannya diskusi atau kerja individu/ pasangan/ kelompok

Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·    Pengertian sikap ikhlas

Keterampilam
·    Membuat contoh-contoh sikap ikhlas
·    Membuat  catatan tentang sikap ikhlas
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video
4.9     Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
Sikap tabligh
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap tabligh
·      Mengamati gambar tentang sikap tabligh
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap tabligh
·      Mengajukan pertanyaan tentang sikap tabligh 

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap tabligh

Menalar/Mengasosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap tabligh
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap tabligh dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap tabligh
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap tabligh
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan :
·    Mendiskusikan pengertian sikap tabligh
·    Sikap tabligh
·    Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/ pasangan/ kelompok

Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·      Pengertian sikap tabligh

Keterampilan
·      Membuat contoh-contoh sikap tabligh
·      Membuat  catatan tentang sikap tabligh
8 JP
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/ CD Interaktif /Video

0 Response to "Silabus PAI kelas 5 SD kurikulum 2013"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

senang dengan kunjungan anda

Total Pageviews