Satuan Pendidikan :
SD/MI
Kelas : VI (Enam)
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia,
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2
Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi
dari pemahaman Rukun Iman
1.3
Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4
Menunaikan kewajiban berzakat sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5
Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
1.6
Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak
langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian KI 1 dan KI 2
dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh
peserta didik, dan jurnal
|
|||
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua,
dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
An-Nisa (4): 36
2.3
Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama
sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S.
Al-Maidah (5):2
2.4
Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama
sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12
2.5
Memiliki perilaku hidup rukun sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada
Hari Akhir
2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada
Qadha dan Qadar
2.8
Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An’am (6):162-163
2.9 Memiliki sikap
fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
|
|||||
3.1
Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah
(5): 2 dengan benar
4.1
Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2
dengan jelas dan benar
4.2
Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2
dengan benar
4.3
Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah
(5): 2 dengan benar
|
QS.
Al-Kafirun dan Al-Maidah
|
Mengamati
· Membaca Al-Qur’an surat
Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan memperhatikan
makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.
· Membaca secara berulang-ulang
sampai hafal surat Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan memperhatikan makhraj
hurufnya.
· Mendemontrasikan hafalan Surat
Al-Kafirun dan Al-Maidah, secara klasikal, kelompok atau individual.
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa membaca
al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?
·
Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang arti QS Al-Kafirun dan Al-Maidah secara
kelompok
·
Diskusi tentang isi kandungan QS Al-Kafirun dan
Al-Maidah secara kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Menulis QS Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan benar secara
individu
·
Mencermati arti QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·
Mencermati isi kandungan QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·
Menyimpulkan kandungan QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan isi kandungan QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·
Secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi,
mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
Pelaksanaan hafalan siswa yang memuat :
·
Judul materi
·
Kemampuan menghapal terdiri komponen: lancar-sedang- tidak lancar
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda dan essay
Keterampilan
·
Membaca QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·
Menulis QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·
Menghapal QS Al-Kafirun dan Al- Maidah
·
Membuat laporan tentang kandungan Qs Al-Kafirun dan Al-Maidah
|
16 JP
|
· Al
Quran dan terjemahnya
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.4
Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
Perilaku toleran dan simpati
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku toleran dan
simpati
·
Mengamati gambar tentang perilaku toleran dan simpati
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tentang perilaku toleran dan simpati
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku toleran dan
simpati
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku toleran dan
simpati
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku toleran dan
simpati
·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku toleran dan
simpati dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku toleran dan
simpati
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku toleran dan
simpati
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
terkait dengan :
·
pengertian perilaku toleran dan simpati
·
Perilaku toleran dan simpati
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/pa-sangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·
Pengertian perilaku toleran dan
simpati
Keterampilan
·
Membuat contoh-contoh perilaku toleran dan simpati
·
Membuat
catatan tentang perilaku toleran dan simpati
|
4 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.5
Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam
kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
|
Qadha dan qadar
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang contoh qadha dan
qadar
·
Mengamati gambar tentang contoh qadha dan qadar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tentang contoh qadha dan qadar
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang contoh qadha dan
qadar
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang contoh qadha dan
qadar
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang contoh qadha dan
qadar
·
Menguhubungkan pelajaran tentang contoh qadha dan
qadar dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh qadha dan
qadar
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang contoh qadha dan
qadar
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
terkait dengan :
·
pengertian contoh qadha dan qadar
·
Contoh qadha dan qadar
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/pa-sangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·
Pengertian contoh qadha dan
qadar
Keterampilan
·
Membuat contoh-contoh contoh qadha dan qadar
|
4 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.6
Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama
sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12
|
Sikap berbaik sangka kepada
sesama
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap berbaik sangka
kepada sesama
·
Mengamati gambar tentang sikap berbaik sangka kepada
sesama
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap berbaik sangka
kepada sesama
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap berbaik sangka
kepada sesama
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap berbaik sangka
kepada sesama
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap berbaik sangka
kepada sesama dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap berbaik sangka
kepada sesama
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap berbaik sangka
kepada sesama
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
terkait dengan :
·
pengertian sikap berbaik sangka kepada
sesama
·
Sikap berbaik sangka kepada sesama
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/pa-sangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
· Pengertian sikap berbaik sangka kepada
sesama
Keterampilan
·
Membuat contoh-contoh sikap berbaik sangka kepada sesama
·
Membuat
catatan tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
|
4 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.7 Mencontohkan
perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat
(49): 13
|
|||||
3.2 Mengerti makna
Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
|
Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
|
Mengamati
·
Membaca buku teks tentang Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
·
Menonton film/video tentang Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
·
Menyebutkan arti Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa Allah SWT
menghidupkan manusia dan Allah SWT pula yang mematikan?
·
Bagaimana jika Allah SWT lebih dari Satu?
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang arti Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi secara klasikal atau individual
·
Menujukkan bukti akan Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
dalam kehidupan sehari-hari.
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis
bukti Asma ul Husna:
Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyimpulkan bukti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi dalam
kehidupan sehari-hari.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang arti Asma ul Husna:
Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi,
mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
Pengetahuan
·
Tes pilihan ganda dan essay
Keterampilan
·
Berpasangan menyebutkan arti Asma
ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
·
Membuat laporan tentang bukti Asma
ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
|
16 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Pengayaan Asmaul Husna
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.3 Memahami hikmah
beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
Hikmah
beriman kepada hari akhir
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang hikmah beriman kepada hari
akhir secara klasikal atau individual
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah
beriman kepada hari akhir?
·
Berikan contoh prilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir!
Mengumpulkan
Informasi
·
Diskusi tentang hikmah beriman pada hari akhir
·
Menganalisis sikap yang mencerminkan iman kepada hari akhir
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah-hikmah beriman pada hari akhir
·
Menyimpulkan hasil identifikasi (hikmah pada hari akhir)
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah pada hari akhir
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi,
menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
· Mengamati
pelaksanaan diskusi
Pengetahuan
· Tes pilihan ganda dan essay
Keterampilan
·
Membuat laporan tentang perilaku
yang mencerminkan hikmah beriman kepada hari akhir
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.4 Memahami hikmah
beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
Hikmah
beriman kepada hari akhir
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang hikmah beriman kepada Qadha
dan Qadar secara klasikal atau individual
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa
hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar?
·
Berikan contoh prilaku yang mencerminkan beriman kepada
Qadha dan Qadar!
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang hikmah beriman kepada Qadha dan
Qadar
·
Menganalisis sikap yang mencerminkan beriman
kepada Qadha dan Qadar
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah-hikmah beriman kepada
Qadha dan Qadar
·
Menyimpulkan hasil identifikasi (hikmah beriman
kepada Qadha dan Qadar)
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang beriman
kepada Qadha dan Qadar
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi,
menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
Pengetahuan
·
Tes pilihan ganda dan essay
Keterampilan
· Membuat laporan tentang perilaku yang mencerminkan hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.5 Memahami hikmah
zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
|
Hikmah zakat,
infaq dan sedekah
|
Mengamati
·
Menyimak hikmah zakat, infaq dan sedekah secara klasikal atau individual
Menanya
·
memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah zakat, infaq dan
sedekah?
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah- puasa Ramadhan dalam membentuk akhlak mulia
·
Menyimpulkan hasil identifikasi puasa Ramadhan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah dan
pembentukan aklak mulia
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi,
menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
Pengetahuan
·
Tes pilihan ganda dan essay
Keterampilan
·
Membuat laporan tentang hikmah
zakat, infaq dan sedekah
|
4 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Pedoman Puasa Ramashan
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.6 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.8 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Yunus a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Yunus a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan nabi Yunus a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Yunus a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi Yunus
a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Yunus a.s. secara individu
maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. secara individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Yunus a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
·
Tes isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Yunus a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan nabi Yunus a.s.
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Yunus a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.7
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
4.9 Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Zakariya a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Zakariya a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan nabi Zakariya a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Zakariya a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi
Zakariya a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Zakariya a.s. secara
individu maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s. secara individual atau
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelomp
Pengetahuan
·
Tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Zakariya a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan nabi Zakariya a.s.
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Zakariya a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.8
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Yahya a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. secara klasikal
maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Yahya a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi Yahya
a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Yahya a.s. secara individu
maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. secara individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Yahya a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Yahya a.s.
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Yahya a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan Nabi Yahya a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.9
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
4.11 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Isa a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Isa a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Isa a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Isa a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Isa a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi Isa
a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Isa a.s. secara individu
maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Isa a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Isa a.s. secara individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan :
·
menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Isa a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Isa a.s.
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Isa a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan Nabi Isa a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.10
Mengetahui kisah Nabi Muhammad saw
4.12 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Kisah Keteladanan
Nabi Muhammad saw
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan nabi Muhammad saw secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya
Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad
saw
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Muhammad saw secara individu
maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara individual atau
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Muhammad saw
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja
kelompok
Pengetahuan
·
Tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Muhammad saw
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan nabi Muhammad saw
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Muhammad saw
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.11
Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw
4.13 Menceritakan kisah
keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
|
Kisah Keteladanan
Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
|
Mengamati
·
Menyimak Kisah Keteladanan Sahabat-sahabat Nabi
Muhammad SAW secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh keteladanan
Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang Kisah Keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad
SAW
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW baik secara klasikal
maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan
Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari Kisah Keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
secara individu maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW secara
individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
·
Tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang keteladanan
Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
· Membuat
paparan tentang keteladanan Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi
sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi
sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
Kisah Keteladanan
Nabi Ashabul Kahfi
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Ashabul Kahfi secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Ashabul Kahfi baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi
Ashabul Kahfi
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ashabul Kahfi secara
individu maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi secara individual atau
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
·
Tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku
Kisah Ashabul Kahfi
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
0 Response to "SILABUS PAI KELAS 6 SD KURIKULUM 2013"
Post a Comment