Ahmad Satria Anugrah Agus Nur

4 CIRI-CIRI ORANG CELAKA

Ada 4 ciri-ciri orang celaka sebagaimana sabda rasul:
  1. Senantiasa melupakan kebaikan orang lain
Kebaikan yang telah dilakukan oleh orang lain tidak berbekas pada hatinya untuk melakukan kebaikan yang sama kepada orang lain. Tidak mau melihat kebaikan orang lain pada hal ketika kita melihat kebaikan orang lain akan mendatangkan manfaat. Karena menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi.
  1. Senantiasa melupakan dosa yang pernah dilakukannya
Pada dasarnya manusia tidak ada yang terlepas dari dosa baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Apapun  profesinya apakah ia pemerintah, pegawai, pedagang, dosen, guru, petani pasti pernah salah. Jadi harus minta maaf kepada manusia yang bersangkutan dan bertobat kepada Allah.
  1. Senantiasa melihat ke atas tentang keduniaan
Sifat seperti ini, melahirkan fitnah, iri hati, ingin menjatuhkan orang lain, tidak mau melihat orang lain senang, kalau tetangganya dapat rezeki dia yang sakit dirumahnya, memaksakan kehendak kepada sesuatu yang belum ia mampu. Melihat orang memakai mobil di juga paksakan membeli mobil sehingga terlilit hutang akhirnya dia sendiri yang menderita.  
  1. Senantiasa melihat ke bawah tentang ibadah (menjadikan ukuran perbuatannya kepada orang-orang minim ibadahnya dan selalu berbuat kejahatan).

Sifat seperti membuat tidak kita tidak berkembang karena mengukur dirinya dengan orang yang lebih jelek dari dirinya, dan selalu berburuk sangka kepada orang lain dengan mengatakan bahwa orang itu kan? Pencuri, penjudi, kalau bersedekah pasti ria dan sebagainya.  

0 Response to "4 CIRI-CIRI ORANG CELAKA"

Post a Comment

Arsip Blog

Powered By Blogger

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

senang dengan kunjungan anda

Total Pageviews