Ahmad Satria Anugrah Agus Nur

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD

KELAS I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
1.1 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar
sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2 Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.3 Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4 Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5 Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan
guru
2.1 Memiliki  sikap  jujur  sebagai implementasi dari pemahaman  sifat 
     
“shiddiq”  Rasulullah SAW
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada  orangtua dan guru  sebagai
       implementasi
 dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3 Memiliki  perilaku hormat  kepada  sesama anggota  keluarga sebagai 
     
implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4 Memiliki  sikap  pemaaf  sebagai  implementasi dari pemahaman kisah 
     
keteladanan  Nabi Muhammad SAW
2.5 Memiliki  sikap  percaya  diri  sebagai implementasi  dari  pemahaman 
     
Q.S. Al-Ikhlas
2.6 Memiliki  sikap  yang  baik  ketika  berbicara sebagai implementasi dari 
     
pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7 Memiliki perilaku  rajin  belajar sebagai implementasi  dari pemahaman 
     
Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8 Memiliki  perilaku  bersih  badan,  pakaian, barang-barang, dan tempat 
     
sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara
mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah
dan di sekolah
3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
3.2 Mengenal pesan-pesan  yang  terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, 
     
Al Ikhlas  dan Al ’Alaq (96): 1-5
3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari  rukun  Islam 
    
yang pertama
3.5 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar
3.6 Mengenal tata cara bersuci
3.7 Memahami  shalat  dan  kegiatan  agama yang dianutnya di sekitar 
      
rumahnya  melalui pengamatan
3.8 Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.9 Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.10 Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.13 Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3.14 Memahami perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga

4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang
mencerminkan anak
sehat, dan dalam
tindakan yang
mencerminkan perilaku
anak beriman dan
berakhlak mulia
4.1     Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara  lengkap
4.2.1 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas 
       
dan Al ’Alaq (96): 1-5 dengan benar dan jelas
4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan   Q.S. Al-Ikhlas  dengan   
      
benar dan jelas
4.3    Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
4.4     Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
4.5    Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
4.6    Mempraktikkan tata cara bersuci
4.7.1 Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar 
      
rumahnya  melalui pengamatan
4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
4.8  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.9  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.10 Menceritakan kisah keteladanan  Nabi Nuh a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4. 14  Mencontohkan perilaku saling menghormati antar sesama anggota 
      
keluarga

KELAS II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat
1.2 Menunaikan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan
1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada 
    
di alam.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
2.1 Memiliki  sikap  jujur  sebagai  implementasi  dari pemahaman
    
Q.S. Al-Maidah  (5): 119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua,  dan guru dan
    
 sesama  anggota keluarga sebagai implementasi dari  pemahaman 
    
Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3 Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi 
    
dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
2.4 Memiliki sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi
    
 dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.5 Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman
    
 Q.S. An- Nahl ayat 43
2.6 Memiliki  sikap  berlindung  diri  kepada  Allah SWT  sebagai 
    
implementasi  dari pemahaman Q.S. An-Nas
2.7 Memiliki perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman 
    
Q.S. Al-’Ashr
2.8 Memiliki  perilaku  hidup  sehat  dan peduli lingkungan sebagai 
    
implementasi  dari pemahaman makna berwudhu
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara
mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan
di sekolah
3.1  Mengetahui huruf hijaiyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
3.2 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
     
dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya  dan makhluk
      
ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.5 Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.6 Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr
3.7 Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu
3.8 Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.9 Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan
3.10   Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai  implementasi 
        
dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
3.11 Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong  sebagai 
        
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
3.14 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
3.15 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya‘qub a.s.
3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam
gerakan yang
mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan
perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
4.1  Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
4.2  Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah  yang 
     
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi  iman 
     
 kepada Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,      
       dan Maha Suci
4.3  Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq 
    
dan maknanya
4.4  Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu
4.5  Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari
          pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.6.1 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al-‘Ashr 
       
dengan benar dan jelas
4.7    Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
4.8    Memperaktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.9    Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan
4.10 Mencontohkan  perilaku  kasih sayang kepada sesama sebagai 
       
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai
       
 implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

KELAS III
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
1.1 Menunaikan  shalat  secara  tertib  sebagai  wujud  dari  pemahaman 
      Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2 Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai  shalat sebagai wujud  dari 
     
pemahaman Q.S. Al-Kautsar
1.3 Meyakini  adanya  Allah SWT   Maha Mengetahui, Maha Melihat dan
     
Maha Mendengar.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan
tatangganya
2.1 Memiliki  sikap  jujur  sebagai  implementasi dari pemahaman         
     
 Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan 
     
sesama  anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman
     
Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3 Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari 
     
pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.4 Memiliki  sikap  bersyukur sebagai implementasi  dari  pemahaman
    
  Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5 Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai  implementasi pemahaman
     
 makna ibadah shalat.
2.6 Memiliki  perilaku  tawadlu, Ikhlas, dan tanggungjawab sebagai
     
 implementasi  dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi,
         wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.7 Memiliki  sikap  rasa ingin tahu, sabar,  dan rela berkorban  sebagai
      
 implementasi dari pemahaman  kisah keteladanan  Nabi  Ibrahim a.s. 
     
dan  Nabi Ismail a.s.
2.8 Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi  dari pemahaman  
     
Q.S. Al-An‘am ayat 132
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara
mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan
di sekolah
3.1  Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan  pengamatan 
     
 terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai  di sekitar
     
 rumah dan sekolah.
3.2 Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
3.3 Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan
     
tanggung jawab
3.4 Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5 Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat
3.6 Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan  pengalaman
   
 di rumah dan sekolah
3.7 Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
    
 dengan benar
3.8 Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan  sebagai
    
 implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi,
    
 wahdaniyat,  Qudrah, dan Iradah
3.9 Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi  dari
   
 pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
3.10 Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari  pemahaman 
      
Q.S. Ibrahim ayat 7
3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s.  dan Nabi Ismail a.s.
       
 ( rasa ingin tahu, sabar,  dan  rela  berkorban,   hormat dan patuh 
       
kepada orangtua)
3.14 Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian  sebagai  wujud dari
         keteladanan
 nabi Muhammad SAW

4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan
perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
4.1 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan  Allah  yang 
    
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman 
    
terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta
4.2 Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya
4.3 Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai
        implementasi hadits
4.4.1 Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman
      
 Q.S. al-Kautsar
4.4.2 Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar
4.5   Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar
4.6    Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat  di rumah  dan 
      
sekolah
4.7.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar
4.7.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar
4.7.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.8    Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai
           implementasi dari pemahaman  sifat Allah Qiyamuhu binafsihi,
        
wahdaniyat,  Qudrah, dan Iradah
4.9   Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi 
     
dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
4.10 Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi  dari  pemahaman
       
 Q.S. Ibrahim ayat 7
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS IV
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
1.1 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil 
    
dan hadats besar
1.2 Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan 
     
diri kepada Allah SWT.
1.3 Menerapkan  kebajikan  sebagai  implementasi dari pemahaman
     
 ibadah shalat
1.4 Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman
      
ibadah shalat
1.5 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.6 Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru,
dan tetangganya
2.1 Memiliki  sikap  jujur  sebagai  implementasi dari pemahaman
     
Q.S At-Taubah (9): 119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan 
    
sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman
    
 Q.S. Lukman (31): 14
2.3 Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah,
    
 dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman
        Q.S. Al-Hadiid (57): 9
2.4 Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para  malaikat 
    
Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5 Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahaman
    
 Q.S. Al-‘Alaq (96): 1-5
2.6 Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah 
    
keteladan Nabi Muhammad SAW
2.7 Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah 
    
keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8 Memiliki sikap rendah hati sebagai  implementasi dari  pemahaman
    
 Q.S. Al-Isra (17): 37
2.9 Memiliki  perilaku  hemat sebagai implementasi dari pemahaman
    
 Q.S. Al-Isra (17): 27
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara
mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat
bermain
3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk 
     
ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan
    
 pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
3.4 Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar 
     
sesuai ketentuan syariat Islam
3.5 Memahami makna ibadah shalat
3.6 Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
3.7 Memahami  sikap santun  dan menghargai teman, baik di rumah, 
     
sekolah,  dan di masyarakat sekitar
3.8 Memahami sikap rendah hati  sebagai implementasi dari pemahaman 
 
    Q.S. Al-Isra ayat 37
3.9 Memahami  perilaku  hemat  sebagai implementasi  dari  pemahaman
     
 Q.S. Al-Isra ayat 27
3.10 Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.11 Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12 Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.13 Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa a.s.
3.14 Mengetahui kisah keteladanan wali Songo
3.15 Mengetahui  sikap  santun  dan  menghargai sesama  dari  Nabi 
       
Muhammad SAW
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan
perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
4.1  Melakukan  pengamatan  terhadap  makhluk ciptaan Allah di sekitar 
     
rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
4.2  Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi 
     
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
4.3  Membaca Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim dan maknanya
4.4  Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar 
     
sesuai ketentuan syariat Islam
4.5.1 Memberikan contoh-contoh makna ibadah shalat
4.5.2 Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah dan  masjid
      
  lingkungan sekitar rumah.
4.6.1 Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil
4.6.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan
       
Al-Fil dengan benar
4.6.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan
       
Al-Fil dengan lancar.
4.7     Mencontohkan sikap santun dan  menghargai  teman,  baik  di rumah,
      
sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.8    Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman
      
 Q.S. Al-Isra ayat 37
4.9    Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman 
      
Q.S. Al-Isra ayat 27
4.10 Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifli a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali Songo
4.15 Mencontohkan  sikap  santun  dan menghargai  sesama  dari 
       
Nabi Muhammad SAW

KELAS V
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
1.1 Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2 Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir  dan menjadikannya 
     
sebagai pedoman hidup
1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari 
    
pemahaman rukun Islam
1.4 Menunaikan shalat tarawih dan tadarus Al-Quran   di  bulan Ramadhan 
    
sebagai  wujud ketaatan  kepada  Allah dan rasul-Nya
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru,
dan tetangganya serta
cinta tanah air.
2.1 Memiliki  sikap  jujur  sebagai  implementasi dari pemahaman
     
Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2 Memiliki perilaku hormat  dan  patuh kepada  orangtua, dan guru dan 
    
sesama anggota keluarga  sebagai    implementasi dari pemahaman 
    
Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3 Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman 
    
Q.S. Al-Ma’un
2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai
     
 implementasi  dari  pemahaman Q.S. Al-‘Ashr
2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari 
     
pemahaman  Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6 Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari 
    
pemahaman puasa Ramadhan
2.7 Memiliki  sikap  sederhana sebagai implementasi dari pemahaman 
    
Q.S. Al-Furqon ayat 67
2.8 Memiliki  sikap  ikhlas sebagai  implementasi dari pemahaman
     
 Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah 
    
keteladan Nabi Muhammad SAW
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual
dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-
benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
3.1    Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
3.2    Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui
      
rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3    Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan benar
3.4    Mengerti  makna  Asmaul  Husna:  Al-Mumit, Al-Hayy,
      
Al-Qayum,  Al-Ahad
3.5    Mengetahui  hikmah  puasa  Ramadhan  yang dapat  membentuk
      
akhlak mulia
3.6    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10 Mengetahui kisah  keteladanan  Luqman sebagaimana  terdapat
     
dalam Al-Quran

4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang
mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan
perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
4.1     Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.2     Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin 
       
dengan baik dan benar
4.3     Menunjukkan  hafalan  Q.S. Al-Ma’un  dan Q.S. At-Tin  dengan 
       
baik dan benar
4.4     Mencontohkan perilaku  saling mengingatkan dalam hal kebajikan 
       
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5     Mencontohkan perilaku  suka menolong sebagai implementasi dari 
       
pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.6     Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari 
      
pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
4.7     Mencontohkan  sikap  sederhana  sebagai implementasi  dari 
      
pemahaman  Q.S. Al-Furqon ayat 67
4.8     Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari  pemahaman
       
 Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
4.9     Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman 
       
kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4.14 Menceritakan  kisah  keteladanan  Luqman  sebagaimana terdapat 
      
dalam  Al-Quran

KELAS VI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
1.1 Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2 Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi  dari  pemahaman 
      
Rukun Iman
1.3 Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4 Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman 
      
rukun Islam
1.5 Terbiasa  berinfaq  sebagai  implementasi dari  pemahaman
     
Q.S. Al-Maidah (5): 2
1.6 Terbiasa  bersedekah  sebagai  implementasi dari pemahaman
     
Q.S. Al-Maidah (5): 2
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta
tanah air.
2.1 Memiliki  sikap  jujur  sebagai  implementasi dari pemahaman 
     
Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan  guru dan 
    
sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman
    
Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi 
    
dari pemahaman  isi  kandungan  Q.S.  Al-Kafirun  dan
      Q.S. Al-Maidah (5):2
2.4 Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai  implentasi  dari   
      
pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12
2.5 Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman 
    
Q.S. Al-Hujurat (49):13
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.8 Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi 
    
dari pemahaman Q.S. Al-An’am (6):162-163
2.9 Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman  kisah
    
  Nabi Muhammad SAW
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual
dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat
bermain
3.1  Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2  dengan benar
3.2  Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir,
       Al-Muqadim,
 al-Baqi
3.3 Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk 
    
perilaku akhlak mulia
3.4 Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat
      
membentuk perilaku akhlak mulia
3.5 Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari
     
rukun Islam
3.6     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.8     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
3.10 Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11 Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad  SAW
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat 
      
dalam Al-Quran
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku
anak beriman dan
berakhlak mulia
4.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.3 Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.4 Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari
     
pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
4.5 Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari
   
 sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
4.6 Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi 
    
dari pemahaman QS Al Hujurat (49):12
4.7 Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari
    
 pemahaman  Q.S. Al-Hujurat (49): 13
4.8   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.9   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13 Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat
         dalam Al-Qur’an



0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

senang dengan kunjungan anda

Total Pageviews