Ahmad Satria Anugrah Agus Nur

Bagaimana Cara Mendidik Anak Untuk Berpuasa Ramadhan

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah untuk seluruh umat islam yang melaksanakan seluruh agenda bulan ramadhan, mulai dari Puasa, tarawih dan amalan-amalan lainnya. Bagi anak-anak (yang belum baligh) tidak diperintahkan untuk berpuasa. Namun demikian orang tua sangat dianjurkan untuk mendorong anak-anak untuk mencoba berpuasa semampunya agar mereka terbiasa melakukannya ketika mereka tumbuh dewasa, dan mengetahui bahwa ibadah puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang diperintahkan langsung Allah SWT melalui firman-Nya :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Q.S Al Baqarah, 2:183)

Bagaimana cara supaya anak-anak anda tertarik melakukan puasa? Maka dari itu ada beberapa metode pembiasaan agar anak isa melakukan puasa.

Terkait dengan metode pembiasaan anak-anak untuk berpuasa, coba perhatikan  hal-hal berikut ini diantaranya,

1.    Menjelaskan keutamaan puasa kepada mereka, bahwa hal itu termasuk sebab masuk ke dalam surga. Di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan dimana hanya orang-orang puasa yang masuk ke dalamnya.
2.    Membiasakan sebelumnya untuk berpuasa seperti puasa beberapa hati di bulan Sya’ban agar tidak kaget dengan puasa di bulan Ramadan
3.    Puasa pada sebagian siang, dan menambahi waktunya sedikit demi sedikit
4.    Mengakhirkan sahur sampai di akhir malam, hal itu membantu puasa mereka di siang hari
5.    Menyemangati mereka berpuasa dengan memberi hadiah yang diberikan setiap hari atau setiap minggu
6.    Menyanjung mereka di depan keluarga sewaktu berbuka, ketika sahur. Hal itu dapat menaikkan semangat spiritualnya.
7.    Mendorong semangat berlomba-lomba apabila dia mempunyai banyak anak tanpa harus mencela yang tertinggal.
8.    Melalaikan rasa lapar dengan tidur atau dengan mainan mubah yang tidak memerlukan tenaga. Sebagaimana para shahabat yang mulia melakukan terhadap anak-anaknya. Disana ada program anak-anak yang tepat. Film kartun di chanel islam yang terpercaya dapat menyibukkan mereka.
9.    Diutamakan agar sang ayah mengajak anaknya –khusus setelah Ashar- ke masjid untuk ikut shalat, menghadiri pengajian, tetap di masjid untuk membaca Al-Qur’an dan zikir kepada Allah SWt
10. Mengkhususkan berkunjung di siang hari dan malam hari ke keluarga yang anak-anaknya berpuasa untuk memberi semangat kepada mereka terus melakukan puasa
11. Memberi imbalan kepada mereka dengan tamasya yang mubah setelah berbuka puasa atau memasakkan makanan kesukaannya dan kue-kue, buah-buahan dan jus.

Demikianlah beberapa metode untuk membiasakan anak kita melakukan puasa. Semoga bisa bermanfaat buat anda semua. Amiin…..!


0 Response to "Bagaimana Cara Mendidik Anak Untuk Berpuasa Ramadhan"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

senang dengan kunjungan anda

Total Pageviews