Satuan Pendidikan :
SD/MI
Kelas : V (lima)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia,
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2
Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir
dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3
Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4 Menunaikan shalat
tarawih dan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada
Allah SWT dan rasul-Nya
|
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak
langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian KI 1 dan KI 2
dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh
peserta didik, dan jurnal
|
|||
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3
Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
2.4
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam
kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Ashr
2.5
Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6
Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri
sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.7
Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
2.8
Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
2.9
Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
|
|||||
3.1
Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul
Azmi
|
1.Rasul Allah
SWT
2. Nabi Ulul
Azmi
|
Mengamati
·
Mencermati nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul
Azmi secara klasikal atau individual
·
Mendiskusikan nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul
Azmi secara kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang nama-nama Rasul
Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok.
Menanya
·
memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa terdapat Nabi Ulul Azmi?
·
Apa bukti/peristiwa seseorang dikategorikan Nabi Ulul Azmi?
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang arti Nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara
klasikal atau individual
·
Menujukkan perbedaan Rasul Allah
SWT dan Rasul Ulul Azmi.
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis perbedaan Rasul dan
Ulul Azmi
·
Menganalisis mu’jizat Nabi Ulul Azmi
·
Menyimpulkan bukti Nabi Ulul Azmi
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang Nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi
secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau
diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati diskusi tentang peristiwa yang menjadikan
seseorang dikategorkan Nabi Ulul Azmi
Pengetahuan
· Tes pilihan ganda tentang Nabi Ulul Azmi
Keterampilan
·
Berpasangan menyebutkan Nabi Ulul Azmi
|
8 JP
|
· Al
Quran dan terjemahnya
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Kisah Nabi dan Rasul
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.2
Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
|
Mengamati
·
Mendengar cerita kitab suci dan para nabi yang menerimanya.
·
Mencermati kandungan ajaran pokok kitab suci secara klasikal atau
individual
Menanya
Memotivasi
siswa bertanya, misalnya :
Mengapa
kita berpedoman pada ajaran al-Qur’an?
·
Apa saja nilai-nilai yang ada dalam al- Qur’an?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan tentang kandungan kitab suci yang
diberikan kepada para rasul
·
Menganalisis kandungan masing-masing kitab suci Allah
SWT
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis nilai-nilai pedoman hidup dalam
al-Qur’an
·
Menyimpulkan nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’an
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang
isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an yang
dibaca secara kelompok atau individual
·
Menanggapi hasil
presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati diskusi tentang kandungan isi al-Qur’an
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan dengan bentuk soal tes pilihan ganda
Keterampilan
·
Menuliskan kandungan isi Al-Qur’an
|
8 JP
|
· Al
Quran dan terjemahnya
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Kisah Nabi dan Rasul
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.3
Mengetahui makna Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin
dengan benar
4.1
Membaca Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik
dan benar
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Maun dan
Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin
dengan baik dan benar
|
QS. Al-Maun
|
Mengamati
·
Membaca Al-Qur’an surat Al-Maun dengan
memperhatikan makhraj hurufnya secara
klasikal, kelompok atau individual.
·
Membaca secara berulang-ulang sampai hafal surat
Al-Maun dengan memperhatikan makhraj hurufnya.
·
Mendemontrasikan hafalan Surat Al-Maun, secara
klasikal, kelompok atau individual.
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa membaca
al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?
·
Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang arti QS Al-Maun secara kelompok
·
Diskusi tentang isi kandungan QS Al-Maun secara
kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Menulis QS Al-Maun dengan benar secara individu
·
Mencermati arti QS Al-Maun
·
Mencermati isi kandungan QS Al-Maun
·
Menyimpulkan kandungan QS Al-Maun
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan isi kandungan QS Al-Maun secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi,
mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
Pelaksanaan hapalan siswa yang memuat:
·
Judul materi
·
Kemampuan menghapal terdiri komponen: lancar-sedang- tidak lancar
Pengetahuan
·
Tes Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
Keterampilan
·
Membaca QS Al-Maun
·
Menulis QS Al-Maun
·
Menghafal QS Al-Maun
·
Membuat laporan tentang kandungan Qs Al-Maun
|
16 JP
|
· Al
Quran dan terjemahnya
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.4
Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy,
Al-Qayum, Al-Ahad
|
Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
|
Mengamati
·
Membaca buku teks tentang Asma ul Husna: Al-Mumit,
Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·
Menonton film/video tentang Asma ul Husna: Al-Mumit,
Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·
Menyebutkan arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa Allah SWT
menghidupkan manusia dan Allah SWT pula yang mematikan?
·
Bagaimana jika Allah SWT lebih dari Satu?
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy,
Al-Qayum, Al-Ahad secara klasikal atau individual
·
Menujukkan bukti akan Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam
kehidupan sehari-hari.
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis
bukti Asma ul Husna:
Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyimpulkan bukti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan
sehari-hari.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang arti Asma ul Husna:
Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad secara kelompok
·
Menanggapi hasil
presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
· Mengamati diskusi tentang bukti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum,
Al-Ahad
Pengetahuan
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes
pilihan ganda
Keterampilan
·
Berpasangan menyebutkan arti Asma
ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·
Membuat laporan tentang bukti Asma
ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
|
16 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Pengayaan Asmaul Husna
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.5
Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat
membentuk akhlak mulia
|
Hikmah puasa Ramadhan
|
Mengamati
·
Menyimak hikmah puasa Ramadhan secara klasikal atau individual
Menanya
·
memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah puasa Ramadhan?
Mengumpulkan Informasi
·
Diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah- puasa Ramadhan dalam membentuk akhlak mulia
·
Menyimpulkan hasil identifikasi puasa Ramadhan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan dan pembentukan
aklak mulia
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi,
menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan
Pengetahuan
·
Tes pilihan ganda tentang hikmah puasa Ramadhan
Keterampilan
· Membuat laporan tentang hikmah puasa Ramadhan
|
4 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Pedoman Puasa Ramashan
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.6
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.10 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Dawud a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Dawud a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi Dawud
a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Dawud a.s. secara individu
maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. secara individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
terkait dengan
·
menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
·
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Dawud a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan Nabi Dawud a.s.
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Dawud a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.7
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.11 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Sulaiman a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi
Sulaiman a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Sulaiman a.s. secara
individu maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. secara individual atau
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.8
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Ilyas a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan nabi Ilyas a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi Ilyas
a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ilyas a.s. secara individu
maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. secara individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Ilyas a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.9
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4.13 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
|
Kisah Keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang keteladanan Nabi
Ilyasa’ a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kisah singkat
tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ilyasa’ a.s. secara individu
maupun perwakilan kelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara individual atau
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan
menceritakan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang
keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·
Membuat paparan tentang
keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana
terdapat dalam Al-Quran
4.14 Menceritakan kisah
keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
kisah Luqman dalam Al-Qur’an
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan
Luqman
secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh
keteladanan kisah keteladanan Luqman baik
secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan Luqman
·
Mengajukan pertanyaan terkait
dengan keteladanan kisah keteladanan Luqman
Mengumpulkan Informasi
·
Secara berkelompok
mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan kisah keteladanan
Luqman
·
Secara berpasangan
mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman baik
secara klasikal maupun kelompok.
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman secara
individual atau kelompok
·
Menguhubungkan kisah
keteladanan kisah keteladanan
Luqman
dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
Sikap
Mengamati
pelaksanaan diskusi terkait dengan :
·
Menceritakan isi gambar
tentang kisah keteladanan Luqman
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Pengetahuan
· Tes
dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap keteladanan Luqman
Keterampilan
·
Mengisi rubrik tentang sikap
keteladanan kisah keteladanan
Luqman
·
Menceritakan isi gambar
tentang bentuk keteladanan kisah keteladanan Luqman
·
Membuat paparan tentang
perilaku keteladanan Luqman dalam
kehidupan sehari-hari
|
12 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku
Kisah Keteladanan Luqman
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.4 Mencontohkan
perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. At Tin
|
Perilaku saling mengingatkan
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku saling
mengingatkan
·
Mengamati gambar tentang perilaku saling mengingatkan
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tentang perilaku saling mengingatkan
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku saling
mengingatkan
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku saling
mengingatkan
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku saling
mengingatkan
·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku saling
mengingatkan dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku saling
mengingatkan
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
terkait dengan :
·
Mendiskusikan pengerti-an perilaku saling mengi-ngatkan
·
Perilaku saling mengi-ngatkan
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/pa-sangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
· Pengertian perilaku saling mengingatkan
Keterampilan
·
Membuat contoh-contoh perilaku saling mengingatkan
·
Membuat
catatan tentang perilaku saling mengingatkan
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.5
Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maun
|
Perilaku suka menolong
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku suka
menolong
·
Mengamati gambar tentang perilaku suka menolong
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tentang perilaku suka menolong
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku suka
menolong
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku suka
menolong
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku suka
menolong
·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku suka
menolong dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku suka
menolong
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku suka
menolong
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
terkait dengan :
·
Mendiskusi-kan pengertian perilaku suka menolong
·
Perilaku suka menolong
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/pa-sangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·
Pengertian perilaku suka
menolong
Keterampilan
·
Membuat contoh-contoh perilaku suka menolong
·
Membuat
catatan tentang perilaku suka menolong
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.6
Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
|
Sikap menghargai pendapat
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap menghargai
pendapat
·
Mengamati gambar tentang sikap menghargai pendapat
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan
tentang tentang sikap menghargai pendapat
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai
pendapat
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap menghargai
pendapat
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap menghargai
pendapat
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap menghargai
pendapat dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap menghargai
pendapat
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap menghargai
pendapat
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
terkait dengan :
·
pengertian sikap menghargai pendapat
·
Sikap menghargai pendapat
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung
jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/
kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
· Pengertian sikap menghargai pendapat
Keterampilan
·
Membuat contoh-contoh sikap menghargai pendapat
·
Membuat
catatan tentang sikap menghargai pendapat
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.7
Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
|
Sikap sederhana
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap sederhana
·
Mengamati gambar tentang sikap sederhana
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tentang sikap sederhana
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap sederhana
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap sederhana
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap sederhana
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap sederhana dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap sederhana
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap sederhana
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observa-si terkait dengan :
·
pengerti-an sikap sederhana
·
Sikap sederhana
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tang-gung jawabnya terhadap pelak-sanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/ pasangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis tentang:
· Pengertian sikap sederhana
Keterampilan
·
Membuat contoh-contoh sikap sederhana
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/
CD Interaktif /Video
|
4.8
Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
|
Sikap ikhlas
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap ikhlas
·
Mengamati gambar tentang sikap ikhlas
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tentang sikap ikhlas
·
Mengajukan pertanyaan tentang sikap ikhlas
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap ikhlas
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap ikhlas
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap ikhlas dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap ikhlas
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap ikhlas
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
·
Mengamati pelaksanaan diskusi terkait dengan
·
pengertian sikap ikhlas
·
Sikap ikhlas
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tang-gung jawabnya terhadap pelak-sanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/ pasangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
·
Pengertian sikap ikhlas
Keterampilam
·
Membuat contoh-contoh sikap ikhlas
·
Membuat
catatan tentang sikap ikhlas
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
4.9
Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
|
Sikap tabligh
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap tabligh
·
Mengamati gambar tentang sikap tabligh
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang sikap tabligh
·
Mengajukan pertanyaan tentang sikap tabligh
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap tabligh
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap tabligh
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap tabligh dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap tabligh
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap tabligh
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Sikap
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan :
·
Mendiskusikan pengertian sikap tabligh
·
Sikap tabligh
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/
pasangan/ kelompok
Pengetahuan
Tes tertulis
tentang:
· Pengertian sikap tabligh
Keterampilan
· Membuat contoh-contoh sikap tabligh
·
Membuat
catatan tentang sikap tabligh
|
8 JP
|
· Buku
PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/ CD Interaktif /Video
|
0 Response to "Silabus PAI kelas 5 SD kurikulum 2013"
Post a Comment